BREAKING NEWS

Thursday, September 25, 2014

Gameplay FAQS

1. Civilopedia ada ga sih?
Ada, teken F1 aja nanti bisa ketemu.

2. Gimana sih konsep unhappiness?
Quote:Unhappy dari population dan city perhitungannya simplenya adalah semakin banyak penduduk (populasi) semakin banyak orang tidak senang. Setiap penambahan 1 citizen (penduduk/populasi), bertambah 1 unhappiness.

Setiap penambahan kota juga begitu. Nambah jumlah unhappy nya.

So hati2 ketika mau mengembangkan kota2 kita, termasuk city growth (populasi kota). Kadang kala membuat kota kita stagnant (tidak growth) adalah pilihan terbaik. 1 kota +1 unhappiness. Jangan lupa, Raw Population juga dianggap loh ya. Makanya. ada kalanya ngembangin banyak2 kota bisa jadi senjata makan tuan. Makin banyak kota bisa rugi walaupun jumlah citizen/populationnya sama.

Jadi misal kita punya 1 kota dengan 2 citizen. Berarti jumlah unhappiness nya 2 kan? Nah kalau kita punya 2 kota dengan masing2 1 citizen. Jumlah unhappy nya ada 3. Dari mana?

Raw population = unhappiness.

2 kota masing2 1 citizen.
Berarti jumlah population raw nya = 2 kan? 2 x 1 = 2

Kemudian +1 unhappy dari keberadaan kota selain capital.

Jadinya 2 + 1 = 3. (Credit to bro Zervo)


3. Ada skenario yang bisa kita maenin ga dari gamenya?

Sayangnya ngga. Cuma bisa maen custom game aja kalo 1 player. Tapi jangan lupa mapnya yang udah tersedia ada banyak. Ane paling seneng pake map Earth, karena paling menantang.

4. Cara matiin video Intronya gimana sih?
Liat dua post atas, intinya ganti value dari SkipIntroVideo.

5. Gimana sih konsep tentang Great Person di Civilization 5?
Quote:
Beda dikit ama Civ IV, disini Great Person ga bisa join city. Tapi bisanya bikin improvement di tile di deket city, yang tentunya akan menggantikan improvement sebelumnya. Kalo mo dapet great person (selain General) biasanya kita mesti pekerjakan Specialist di kota tersebut supaya memenuhi kuotanya.

Great Person abilities:
0. Semua Great Person bisa buat bikin Golden Age, tapi lamanya bakal berkurang terus. Dan inget, mendingan Golden Age diaktifin setelah udah stabil dan banyak kota aja supaya multipliernya makin banyak dapetnya (makin banyak kota yang dapet manfaat).
1. Great Engineer bisa buat selesain langsung hampir semua konstruksi di game.. kecuali bbrp Wonder dan Utopia Project ga bisa pake ini. Bisa bikin improvement di tile di deket kota, buat nambahin production, IMO kalo ga early ini ga guna. Karena cuma nambahin sekitar 3-4 hammer. Padahal misalnya kalo selesain langsung wonder = 650. Jadi kalo dengan bonus Workshop, Factory, dll anggep ampe 100% jadinya 6-8 hammer. Kalo dibagi 650 kan 100 turn lebih. Nah, kalo game masih tersisa banyak turnnya baru worth it.
2. Great Scientist bisa buat research langsung, atau improvement. Dia bakal kasih +5 beaker. Anggep lagi ampe 100%, berarti bisa +10 beaker. IMO ini rada kasusnya sama ama improvement tile, dan kayanya semua kaya gini deh. Mendingan disuruh riset aja supaya bisa cepet dapet Tech yang kita pengen dapet cepet2.
3. Great Artist, kalo ada tile yang terlanjur milik musuh dan lo kepengen (yang deket border kita tentunya), bisa pake Culture Bomb. Ini lumayan asik, pernah juga ane pake. Kalo improvement tilenya, rasanya juga ga worth it.
4. Great Merchant, kayanya mendingan dipake buat trade trip ke City State, biar dapet Allies, atau buat Golden Age.
5. Great General, bisa bikin Citadel yang bisa kita taro di Choke points dan ini bener2 bagus dan worth it. Ato kalo udah banyak dan lagi ga perang jadiin buat Golden Age aja. 


6. Tolong jelasin dong tentang konsep Trade Route?
Quote:
Trade route itu rute dari kota non-kapital kita ke kapital. Ini akan menghasilkan gold buat civ kita. Rumusnya kurang lebih begini:

Each city, excluding the capital, provides (city's population * 1.25) + 0.01 gold per turn. Owning the Machu Pichu wonder increases the modifier by 20%, to (population * 1.5) + 0.01, for all the cities.

The capital does not provide any gold.
(credit to bro Zervo)

Contoh:
Ada kota kita yang isinya 4 orang, maka kalo disambungin ke capital (lewat road ato harbor) maka bakalan dapet 4*1.25 + 0.01 = 5.01 gold per turn jadi 5 gold per turn. Kalo road untuk kesana 5 tile, maka kita break-even. Kalo kurang dari 5 tile atau populasi kota itu nambah, maka kita jadi untung. Gitu kira2 tipsnya udah boleh dibikinin jalan atau belum.


7. Gimana sih step-step yang biasanya orang lakuin pas awal game dan late game?
Quote:
Biasanya diawal game, settler nya langsung bikin kota di turn1. trus bikin warrior 1, worker 1, settler 1.
warrior 2 biji muter2 cari spot bagus buat kota ke 2. kalo ga perlu lawan barbarian, hindarin dulu aja (pasukan masih terbatas, simpan buat darurat). kalo deket kota, baru habisin biar workernya ga dicomot.

Selanjutnya ya bikin pasukan, bangun kota, research, bikin settler lagi.
kalo nemu spot bagus langsung larikan settler ke tkp. Spot bagus bisa berarti ada luxurious resource, strategic resource, banyak food/palu/gold. menu yield icon nyalain aja, ato arahin pointer mouse ke suatu tile, tar keliatan dah food gold ama palu nya di tile itu ada berapa.

Tempat yang biasanya ane cari buat bangun kota, yang food nya banyak (kalo ada, banyak yang minimal ada 2 food per tile nya). karena food dibutuhkan buat memenuhi kebutuhan hidup citizen di kota itu. 1 citizen butuh 2 food per turn. 1 kota bisa mengerjakan tile dengan jarak max 3 tile dari kota (total 36 tile kl ga salah dengan posisi kota di centre nya).

Pada late game, duit bakal sangat dibutuhkan. makanya ane cari yang minimal ada 2 food per tile. jadi bisa dibangun trade post (+2 gold). dengan tile yang naturalnya +2food, jadi kebutuhan food citizen yang kerja ditile itu udah terpenuhi. Kalo foodnya <2, harus ada tile lain, ato bikin bangunan yang menyediakan food lebih.

Jd di awal (sebelum turn ke 200), ane biasanya kejer populasi sebesar2nya. semua tile bikin farm. setelah turn 200 (tergantung keadaan n kebutuhan jg sih) baru tuker semua farm ke trade post. ini sebenernya susah didefinisiin, mending agan coba2 aja biar kerasa sendiri kira2 kapan perlu ngejer populasi, kapan kejer duit.credit bro zky05104


8. Gimana sih cara berpikir AI ketika ngelawan kita?
Quote:
Kalo mau tau cara berpikir AI, pertama2 inget2 kalo AI itu SAMA SEKALI tidak tau trimakasih. ga peduli agan sebae apa ama dia, jangan harap dia ga bakal nyerang agan. disini mindset AI = jangan sampe player human menang!

Jadi kalo maen yang dificult diatas normal, kalo blum bisa push military, economi, tech, n culture di awal, mending main aman dulu. jangan terlalu menonjol.

Setau ane, AI bakal agresif kalo :
teritory berdekatan.
banyak pasukan kita di dekat border dia.
kita beli tile/bangun kota deket teritory dia.
terlalu menonjol dibidang militer. (unit militer nya banyak banget)
score paling tinggi.

Trus kayaknya kalo kita nolak mulu semua permintaan dia, itu ga ngaruh. AI emang bakal komen kalo itu mengecewakan dkk, tapi ane ga pernah di ganggu asalkan poin2 diatas ga terpenuhi. credit bro zky05104
Buat Main Multiplayer pake Skidrow
Quote:Original Posted By rontier 
gw coba masuk ke lobby multiplayernya sukses nih pake skidrow punya
tapi cuman ketemu 1 room ga tau deh kenapa

Step by stepnya :
1. Install Civilization V
2. Apply Skidrow krack
3. Install Steam
4. Bikin Steam Account
5. Buka steamclient.dll di folder instalasi Civilization V dengan notepad
tekan "ctrl + F" ketik kata skidrow, dan tekan search ada 2 entry dengan kata skidrow ganti entry pertama dengan username Steam kamu. (JANGAN LUPA DIBACKUP DULU)
6. Jalankan Steam
7. Jalankan Civilization V dan hiraukan saja pesan error yang muncul.

Nih penampakan lobbynya... 

Spoiler for PENAMPAKAN


tambahin lagi picnya biar yakin... 

Spoiler for PENAMPAKAN

Baca Juga Tutorial Lainnya !

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Labels

 
Copyright © 2013 Sharing Game PC Tutorial
Share on Blogger Template Free Download. Powered byBlogger